Home / Uncategorized / Sejarah singkat lampu led

Sejarah singkat lampu led

Sejarah LED – Light Emitting Diode
Dioda Pemancar Cahaya Putih
Dioda pemancar cahaya adalah komponen listrik yang memancarkan cahaya ketika terhubung ke arus searah. Ia bekerja berdasarkan prinsip electroluminescent dan dapat memancarkan cahaya dalam momok yang terlihat serta dalam inframerah dan ultraviolet. Mereka memiliki konsumsi energi yang rendah, ukuran kecil, masa pakai lebih lama dan lebih cepat beralih dari lampu pijar dan karena itu, mereka memiliki banyak penerapan.

Pada tahun 1907, peneliti Inggris di laboratorium Marconi Henry Joseph Round memperhatikan untuk pertama kalinya bahwa ketika potensi 10 volt diterapkan pada kristal karborundum (silikon karbida), ia memancarkan cahaya kekuningan. Namun, pertama yang menyelidiki dan mengusulkan teori kerja adalah Oleg Vladimirovich Losev dari Rusia. Pada tahun 1927, Oleg menerbitkan makalah “Luminous carborundum detector dan efek deteksi serta osilasi dengan kristal”.

Selama beberapa dekade tidak ada kemajuan yang dibuat untuk alasan yang berbeda. Rubin Braunstein yang bekerja di Radio Corporation of America, melaporkan pada tahun 1955 bahwa beberapa dioda sederhana memancarkan cahaya inframerah ketika terhubung ke arus. Pada tahun 1961, Gary Pittman dan Bob Biard dari Texas Instruments menemukan bahwa dioda gallium-arsenide memancarkan cahaya inframerah setiap kali terhubung ke arus. Pada tahun yang sama mereka menerima paten untuk LED inframerah. Nick Holonyak Jr., yang dipekerjakan di General Electric, dikembangkan pada tahun 1962 dioda pemancar cahaya pertama yang memancarkan cahaya di bagian yang terlihat dari rentang frekuensi. Itu adalah LED merah. Pada tahun 1972, M. George Craford, yang adalah seorang mahasiswa pascasarjana Holonyak, menemukan LED kuning pertama dan LED merah yang lebih terang. Thomas P. Pearsall mengembangkan dioda pemancar cahaya kecerahan tinggi pada tahun 1976, untuk digunakan dengan serat optik dalam telekomunikasi. Shuji Nakamura dari Nichia Corporation membuat LED biru pertama pada tahun 1979 tetapi terlalu mahal untuk penggunaan komersial sampai tahun 1994. Dioda pemancar cahaya sekarang dapat dibuat dalam satu atau lebih warna.

Pada awalnya Light-emitting diode sangat mahal, sekitar US $ 200 per buah. Karena itu, mereka hanya digunakan sebagai indikator dalam peralatan laboratorium yang sangat profesional. Fairchild Semiconductors berhasil pada tahun 1970-an untuk mengurangi biaya LED individu menjadi 5 sen dengan menggunakan proses planar dalam produksi chip semikonduktor untuk dioda pemancar cahaya. Dengan menggunakan metode pengemasan yang inovatif dan proses planar produksi chip, Fairchild menjadikan LED menjadi produk komersial dengan beragam kegunaan.

Dioda Pemancar Lampu Merah
LED dengan cahaya tampak digunakan sebagai pengganti lampu pijar dan neon, sebagai elemen dalam tampilan tujuh-segmen, dalam tampilan layar RGB besar, dalam semaphores dan sinyal visual lainnya, dalam kalkulator, jam tangan, dan lampu senter. LED inframerah digunakan dalam unit untuk kendali jarak jauh di TV, DVD, dan tempat lain yang membutuhkan kontrol nirkabel.

Keuntungan dioda pemancar cahaya banyak, tetapi mereka juga memiliki kekurangannya. Keuntungannya adalah bahwa mereka memancarkan lebih banyak cahaya per watt yang lampu pijar, mereka jauh lebih kecil, waktu nyala / mati mereka jauh lebih pendek daripada jenis lain dari sumber cahaya listrik (mereka cepat), masa hidup mereka jauh lebih lama dan mereka jauh lebih banyak lebih sulit rusak. Kelemahan mereka adalah harga tinggi per lumen, ketergantungan tinggi pada suhu luar dan mudah panas jika suhu luar terlalu tinggi dan tidak ada heat sink. Meskipun kekurangan mereka, LED menemukan tempat mereka dalam penggunaan manusia dan di sini untuk tinggal.

About rielloaros

Check Also

Paket Sehen untuk rumah sederhana yang murah dengan system ekonomis

Pengertian SEHEN Lampu sehen artinya lampu super hemat energi. Yang artinya sistem lampu ini dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

anti spam *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

PESAN ORDER CHAT WHATSAPP